Langsung ke konten utama

Foto Biota Laut Di Pantai Siung

Pantai Siung adalah salah pantai wisata kebanggaan Provinsi Yogyakarta. Pantai ini mempunyai karakteristik pantai berpasir putih dengan batu-batu karang terjal serta ombak yang lumayan besar. Dianjurkan untuk tidak berenang disaat air laut sedang surut jauh ke tengah. 

Sementara karang adalah rumah kehidupan bagi beberapa biota laut. Keindahan Biota Laut di pantai ini dapat kita lihat dengan terang ketika laut sedang surut. Saya mengambil beberapa foto biota laut tanpa harus menyelam. Rangkaian foto dibawah membuktikan begitu indahnya biota laut di pantai Siung.















Petunjuk arah menuju Pantai Siung dapat lihat di Peta Bapontar.

Pos populer dari blog ini

Mengintip Pengolahan Tembakau Madura

Sumenep. Pulau Madura, selain terkenal sebagai daerah penghasil garam terbesar di Indonesia, juga populer dengan tanaman tembakaunya. Aroma tembakau Madura begitu khas, harum dan manis baunya. Salah satu produk rokok unggulan PT. HM. Sampoerna, yaitu Sigaret Kretek 'Dji Sam Soe' menggunakan tembakau ini.

Cara pengolahan yang masih tradisional dan teliti membuat citarasa tembakau tetap terjaga kualitasnya. Tengok saja pengolahannya di desa Aing Merra, kecamatan Batuputih, kabupaten Sumenep.

Di desa ini, kebanyakan penduduknya bekerja sebagai petani tembakau. Diberkahi tanah yang subur dan berudara sejuk sehingga menjadikan tanah disekitarnya sungguh cocok bagi tanaman tembakau. Setiap 3 bulan lamanya daun tembakau dapat dipetik untuk kemudian dirajang dan dikeringkan.

Bagi petani tembakau di desa Aing Merra, tidak perlu jauh-jauh untuk menjual daun tembakaunya. Seorang pengumpul daun tembakau basah selalu siap membeli daun tembakau mereka. Seperti apa yang saya dan Idan Hermanto l…

Omo Sebua: Rumah Adat Nias Selatan

Setelah mengenalkan ornamen-ornamen batu megalitik, sekarang saya akan menghadirkan bangunan rumah adat

Desa Kuala Dua Belas di Kecamatan Tulung Selapan, Provinsi Sumatera Selatan

Desa Kuala Dua Belas secara administratif masuk kedalam wilayah kecamatan Tulung Selapan, Kabupaten Ogan Komering Ilir (Saat ini sedang dalam persiapan pemekaran menjadi Kabupaten Kawasan Timur). Desa ini mempunyai 4 dusun sebagai Satuan Lingkungan Setempat. Dipimpin oleh seorang kepala desa dan sekretaris desa dari dua dusun yang berbeda. “Supaya adil”, ungkap salah seorang Mantri yang kami jumpai sore itu.

Memang jarak antara Dusun Satu dan dusun Dua berdekatan, hanya dipisahkan oleh hulu sungai selebar 150 meter. Dua Dusun lainnya masih jauh lagi kedalam. “Perjalanan ke dusun Tiga bisa menghabiskan waktu sekitar 40 menit, sedangkan dusun Empat masuk lebih kedalam lagi”, sang Mantri mencoba meyakinkan kepada kami. Kami percaya bahwa letak kedua dusun yang dimaksud memang jauh, karena sebelumnya sudah kami lihat didalam peta.

Untuk bisa mencapai ke desa Kuala Dua Belas, kami menyewa Speedboat dari dermaga di desa Tulung Selapan Ilir, yang juga merupakan ibukota kecamatan. Ongkosnya Rp1…